Welcome To Our Simple Blog ! Enjoy Yourself Here.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Douglas Engelbart : Mouse Komputer

| | Minggu, 08 Mei 2011
|

Bertahun tahun sebelum PC dan pengolahan informasi desktop menjadi umum dan praktis, Douglas Engelbart telah menemukan sebuah sistem akses informasi yang sangat akrab dan praktis bagi pengguna komputer yang kini seolah terlupakan. Mouse komputer adalah salah satu hasil temuannya. Pada konfrensi Fall Joint Computer di San Fransisco di tahun 1968, Engelbart membuat para koleganya terperangah dengan mendemonstrasikan sistem temuannya tersebut, dengan menggunakan komputer yang sangat primitif dengan mainframe 192 kb yang harus dibawa dari jarak 25 mil.
Engelbart telah meraih hampir dua lusin paten, yang paling diingat mungkin indikator posisi X-Y untuk sistem display yabng merupakan prototype dari mouse komputer yang telah merevolusi PC. Mouse, alat pointing yang amat lazim dipopulerkan dengan dijadikannya peralatan perlengkapan standar untuk Apple Macintosh.

Dengan menanjaknya popularitas mouse bagi user interface untuk grafis pada MS-DOS, UNIX, dan OS/2, penggunaan mouse semakin meluas melalui PC dan dunia workstation.
Fitur dasar dari sebuah mouse adalah casing datar pada bagian bawah, didesain untuk dipegang dengan satu tangan, satu atau lebih tombol pada bagian atas, peralatan deteksi mutidirectional (biasanya berupa sebuah bola) di bagian bawah, dan sebuah kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer. Dengan
menggerakkan mouse pada sebuah permukaan rata (misalnya meja), pengguna bisa mengkontrol sebuah kursor pada layar
Sebuah mouse merupakan alat pointing yang sangat relatif karena tidak ada batasan bagi pergerakan mouse dan juga karena penempatannya pada permukaan datar tidak mengarah pada lokasi tertentu pada layar.
Untuk memilih item atau perintah pada layar, pengguna menekan satu dari tombol mouse, yang menghasilakn sebuah “mouse click”.

Nenek moyang mouse komputer kita buatan Douglas Engelbart

Nomor paten mouse #3,541,541 yang dikeluarkan tanggal 17 September 1970 untuk Indikator Posisi X-Y bagi sistem display. Hak paten dari Douglas Engelbart untuk mouse hanya sebuah perwujudan dari perintisan dalam desain dari lingkungan komputer interaktif modern.

Penemuan Engelbart telah melaju seiring waktu, tetapi telah menyatu pada alur computer sebagai kemampuan industri yang bertambah. Bukan saja sampai tahun 1984 ketika Apple Macintosh mempopulerkan mouse, tetapi kini sulit dibayangkan sebuah komputer tanpa mouse. Dan sukses besar Microsoft’s Windows95
membuktikan bahwa konsep original window dari Engelbart juga telah menjadi kebutuhan yang sesungguhnya. Dalam wawancara pada MIT (Juni 1996), Bill Gates sendiri memuji Engelbart dari apa yang telah dirintisnya. Majalah Byte, dalam artiker yang memberi penghargaan kehormatan bagi 20 orang yang telah mempunyai pengaruh terbesar dalam personal computing (September 1995), telah mengatakan begitu jauh dengan mengatakan, ”Perbandingan dengan Thomas Edison tampaknya tidak jauh”.


Engelbart kini mengelola Bootstrap Intitute, yang ia dirikan, di mana dia adalah seorang penemu dan konsultan dalam bisnis computing multi user. Fokusnya saat ini adalah pada sebuah tipe dari GroupWare yang disebut sebuah “sistem hiperdokumen terbuka”, yang mungkin suatu hari akan mengganti kertas recordkeeping secara keseluruhan.



Nama Lengkap : Douglas Carl Engelbart
Tanggal Lahir : 30 Januari 1925 di Portland, Oregon
Kewarganegaraan: Amerika

0 komentar:

Posting Komentar